Senin, 13 September 2010

KOPROL




Kopro
l merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota-kota di Indonesia, Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Disini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama.


screenshot dari home di koprol

Banyak kota di Indonesia yang udah bisa pakai jejaring sosial ini . ehm ane aja udah punya , hehe iya si baru semalam bikinnya . Itupun karena selva tanya , aku penasaran so aku bikin deh . KOPROL ! add my koprol , arfian10310

Pada 25 Mei 2010, Yahoo mengumumkan telah mengakuisisi Koprol dengan nilai yang tidak disebutkan jumlahnya. Dengan demikian, akuisisi ini akan menguatkan posisi Yahoo! dalam meraup pasar yang lebih luas lagi di Asia Pasifik maupun internasional. Kecanggihan layanan berbasis lokasi yang diamini Yahoo! lebih baik ketimbang Foursquare menjadi alasan akuisisi ini.

Sebenarnya kontak antara Yahoo dengan Koprol sendiri sudah mulai terjadi sejak menjelang acara Yahoo Open Hack Day 2009. Saat itu Koprol menjadi salah satu mitra lokal Yahoo yang menggunakan beberapa teknologi API Yahoo seperti misalnya: Yahoo Fire Eagle, Yahoo Login, dan Yahoo Contacts.

Setelah memiliki akun di Koprol, pengguna dapat mengoperasikannya tiap berada di suatu lokasi. Dengan masuk ke dalam Koprol dengan memilih lokasi tempat pengguna berada, kemudian mengisi status yang memungkinkan pengguna saling bertukar informasi dengan pengguna Koprol lain. Pengguna dapat mengetahui dimana pengguna lain berada sambil bertukar status dan foto sampai video. Tetapi karena versi kali ini masih dalam bentuk beta, keleluasaan pengguna masih terbatas karena harus mendapat undangan dari pengguna lain, baru kemudian dapat membuat akun di Koprol

1 komentar: